Saturday, September 30, 2017

Buat Visa UK di FVS Surabaya

Pengalaman membuat visa tersusah and termahal buat gw hahaha.. Eh, 7 tahun yang lalu pernah sih apply visa US tapi ketolak 😭 karena belum merit waktu itu jadi sama si interviewernya disuruh apply lagi aja klo sudah merit... (takut gak pulang kali - masih usia produktif, single pulak) 

back to topic... Jadi ceritanya kan mau liburan ke Eropa lanjut ke UK bulan November 2017 ini, jadi mesti buat 2 Visa. Visa schengen nya sudah beres 😚 (kalo mau baca bisa klik disini)
Nah mulailah browsing sana sini sampe pusing.. karena infonya susah. Intinya sih kita harus bisa ngebuktiin 2 hal :
1. Punya dana yang cukup - jadi ga bakal ngegelandang di sono dan
2. Pasti pulang ke Indonesia lagi - harus bisa ngebuktiin ikatan yang kuat dengan Indonesia.

Long story short, jadi satu skripsi deh dokumen gw waktu itu.. hahahaha seriusan ini tebel banget!! 😁
Dan untuk apply nya mestinya pakai visa4uk (lihat di web resmi VFS UK langsung ya) tapi entah kenapa, kok saya bisa nyambung nya ke web yang gov.uk.. setelah baca2 ternyata emang bisa apply lewat 2 cara : pertama, Visa4UK / standard submission (itu untuk seluruh jenis visa, mulai turis, student, etc) kalo yang kedua di gov.uk / online submission (khusus untuk standard visitor visa, student sama business *cmiiw sudah agak lupa soalnya hahaha)

Jadi taunya itu setelah isi semua halaman per halaman yang banyak banget dan detail juga pertanyaan2nya dan buat appointment terus bayar baru tau kalo umumnya orang indonesia itu diarahkan isi ke Visa4uk, jadi agak bingung waktu itu tapi setelah research sana-sini, ternyata emang bisa juga apply pakai alamat yang gov.uk - lega deh...

Tbh, ngisinya nggak sedetail yang di Visa4UK loh, jadi yah emang beruntung gw kali ya bisa nyasar ke web yang itu (online submission namanya) hehehe..

Untuk ngisi form aplikasinya harus sejujur-jujurnya ya.. misal untuk pertanyaan : Apakah pernah ditolak Visa sebelumnya? jawab apa adanya, dikasih alasannya juga kenapa kalo pernah. Karena kalo ntar nggak jujur malah bisa di ban dari UK 10 tahun atau selamanya..

Saya baca bisa ubah appointment kapanpun paling lambat 24hrs dari jadwal temu nya jadi kan waktu itu saya kira Visa Schengen saya bakal jadi sekitar 11 September, gak mau resiko saya buat janji temu tanggal 19 September buat visa UK nya.. ternyata Tuhan berkehendak lain, saya dikasih lebih cepet tanggal 4 September Visa Schengen sudah jadi 🙏🙏🙏. So, langsung saya ubah janji temu untuk Visa UK ke tanggal 7 September 2017.

Oh ya kalo visa UK bayar langsung ya abis buat appointment online. cuma bisa minta Full Refund kalo ternyata mau batal apply - khusus sebelum hadir untuk janji temu ya, jadi kalo semua berkas sudah masuk nggak bisa minta refund. Waktu itu bayar nya per orang 196USD sekitar Rp. 2.650.000,- per orang.

Dokumen intinya sama dengan yang gw submit buat visa Schengen, tapi tambahan dokumennya yang buanyaaakk, kenapa banyak? karena setelah saya baca2 lebih baik overdelivered daripada ntar dokumen pendukung kurang malah di reject..

So, saya kasih tulisan di bagian lampiran *delete if applicable. Jadi kalo emang ga kepake biar dibuang aja / dihiraukan aja.

List dokumen yang saya submit buat visa UK :
  1. Paspor asli dengan masa berlaku minim 6 bulan dan fotokopi warna halaman depan belakang dan halaman2 yang ada stempel2 termasuk yang ada visanya. 
  2. Paspor asli lama - (dalam kurun waktu 10 tahun ya) plus fotokopi warna halaman depan belakang dan halaman2 yang ada stempel2 termasuk yang ada visanya. (paspor asli yang lama dikembalikan, cuma diambil fotokopinya aja)
  3. Fotokopi KTP, KK, Akte lahir, Akte nikah beserta terjemahannya - wajib pake sworn translator. (waktu itu pake juliani language center biaya paling murah 60rb per lembar)
  4. Fotokopi SIUP suami plus terjemahannya
  5. Surat sponsor suami diatas kop surat perusahaan plus materai, stempel dan ttd
  6. Surat rekomendasi atau yang isinya nerangin circumstance gw di Indonesia, kayak tinggal dimana, sama siapa, kerjanya si suami apa, disponsorin siapa, kenapa, tujuan liburan, dijamin bakal pulang balik dan persetujuan suami (suami gak ikut soalnya), ditandatangani juga diatas materai.
  7. Itinerary selama Europe trip termasuk yang ke Eropa karena tiket pesawat sudah beli masuk dari Eropa pulang dari London, cuma yang khusus bagian di London gw blok warna beda.
  8. Bookingan hotel lengkap, sama tiket pesawat yang udah issued
  9. Asuransi perjalanan pake yang buat Schengen juga (pake AXA Smart Traveller)
  10. Surat referensi bank punya suami - asli di kertas A4
  11. Fotokopi rekening suami 6 bulan terakhir
  12. Fotokopi rekening sendiri 3 bulan terakhir (ga tau pake apa gak, cuman sempet baca katanya harus tetep ngelampiran rekening milik sendiri walau disponsori)
  13. Dokumen pelengkapnya nih yang bejibun dan ga pake translate karena memang ga diplan sebenernya (PBB rumah yang ditinggali sekarang, IMB usaha, beberapa dokumen legalitas perusahaan suami, Sertifikat kepemilikan properti atas nama sendiri, fotokopi credit card statement atas nama sendiri)
Setelah semua lengkap, sudah dicek juga satu2, menghadiri janji temu - submit semua dokumen... akhirnya tinggal berdoa deh.. 🙏

Update 30 September 2017, Passport saya beserta Visa UK sudah sampai di alamat rumah!
Tanggal 29 September, dapat email dari VFS kalo Passport sudah sampai di Visa Application Center dan akan dikirim ke alamat yang dipilih. Ngga nyangka banget besoknya sudah sampai di rumah 😍

Penampakan Visa Schengen dan Visa UK

Setelah semua visa keluar, next benerin itinerary, booking transportasi & akomodasi ... 

**to be continue...



No comments:

Post a Comment

Buat Visa UK di FVS Surabaya

Pengalaman membuat visa tersusah and termahal buat gw hahaha.. Eh, 7 tahun yang lalu pernah sih apply visa US tapi ketolak 😭 karena belum m...